Thursday, 6 February 2014

Manajemen Produksi

MANAJEMEN PRODUKSI
Manajemen Produksi adalah kegiatan mengelola secara optimal penggunaan sumber daya ( faktor produksi) dalam proses transformasi menjadi produk barang dan jasa

Memilih bahan baku

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan:
·       Dekat dengan sumber material
·       Dekat dengan pasar
·       Mudah mendapat tenaga kerja
·       Mudah fasilitas transportasi
·       Mudah memperoleh bahan bakar
·       Mudah memperoleh air
·       Sikap pemerintah setempat serta  masyarakatnya.
·       Jenis Bahan Baku
·       Bahan baku cepat rusak
o  Contoh: Buah, Sayur dll.
·       Material yang tidak di proses
o  Contoh: batu bara, tanah liat
·       Barang setengah jadi
o  Contoh: plat besi, kulit, bahan kimia dll.


Lay Out

Beberapa faktor pertimbangan untuk rencana lay out:
·       Keadaan proses produksi
·       Tipe Produksi
·       Bentuk mesin yang digunakan
·       Persyaratan penerangan dan tenaga listrik
·       Kemungkinan ekspansi
Beberapa Pola Lay Out
·       Layout Fungsional
o  Disebut juga layout proses (job lot) yaitu pengelompokkan mesin berdasarkan pekerjaan sejenis (departemental)
·       Layout Produk
o  Disebut juga layout garis yaitu mesin-mesin ditempatkan berurutan menurut proses produksi yang akan dilewati mulai dari bahan baku sampai menjadi produk akhir. Biasanya digunakan bantuan ban berjalan.
·       Layout Kelompok
o  Yaitu penempatan mesin berdasarkan kelompok produk.


APAKAH PEMASARAN ITU?
PEMASARAN = PENJUALAN ?
PEMASARAN = PENJUALAN = PERIKLANAN ?



PEMASARAN MEMILIKI 2 HAL

Pemasaran merupakan filosofi, sikap, perspektif atau orientasi manajemen yang menekankan pada kepuasan konsumen.
Sekumpulan aktifitas yang digunakan untuk mengimplementasikan filosofi ini.

Marketing is the process of planning and executing the conception, pricing, promotion, and distribution of ideas, goods, and service to create exchanges that satisfy individual and organizational goals”.

(Pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi, dan distribusi sejumlah ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu  memuaskan tujuan individual dan organisasi

Empat Unsur Marketing Mix (4P)

·       Product
·       Price
·       Place atau Distribution
·       Promotion atau Komunikasi

Harga

Adalah Kesepakatan antara penjual dan pembeli tentang nilai suatu barang/jasa.

Cara penatapan harga

Harga menurut biaya
        Harga jual harus lebih tinggi dari biaya yang dikorbankan, agar memperoleh keuntungan.
Markup Pricing atau cost plus pricing
        Penetapan harga dengan menambah sekian persen dari biaya yang sudah dihasbiskan untuk menghasilkan suatu barang (markup)
Demand Pricing
        Penentuan harga berdasarkan hukum permintaan dan penawaran.
Prestige Pricing
        Penentuan harga yang secara rasional kurang masuk akal akan tetapi sering kali terjadi di pasar. Misal harga suatu barang naik tetapi permintaan malah bertambah.
Differential Prising
        Penentuan harga berbeda karena tempat dan waktu yang berbeda.



Kebijakan Harga
Price Discount
        Dapat berdasarkan jumlah pembelian, musim, tujuan tertentu perusahaan dan sistem pembayaran.
Promotional Discount
        - Markdowns
        - A loss  leader

BERIKLAN – 10 pokok penting

·       Apa yang Anda iklankan?
·       Apa yang menjadi pesan pokok?
·       Apakah iklan kooperatif pada tempatnya?
·       Apakah Anda akan menggunakan iklan yang sama disemua media?
·       Apakah iklan itu memikat dan menarik perhatian?
·       Apakah iklan itu mempunyai judul yang mencolok?
·       BARU, CUMA-CUMA adalah kata-kata yang baik untuk digunakan dalam naskah iklan.
·       Potret atau grafik menambah minat membaca iklan
·       Memilih media yang tepat sangat penting
·       Promosi terpadu apa yang dapat Anda jalankan bersama dengan iklan itu?
·       CITRA?

Kesan yang ditangkap oleh kosumen
Perbedaan menjual dan memasarkan
Menjual
Penekanan pada produk

Perusahaan membuat dan kemudian mencoba untuk menjual produk
Manajemen berorientasi pada penjualan – volume
Perencanaan dilakukan untuk jangka pendek, untuk produk dan pasar kini.
Memasarkan
Penekanan pada kebutuhan pelanggan
Perusahaan menetapkan kebutuhan dan mengadakan produk yang sesuai
Manajemen berorientasi pada keuntungan
Perencanaan berorientasi jangka panjang, dalam pengertian produk baru, pasar esok dan pertumbuhan  masa depan


TERIMA KASIH



0 comments:

Post a Comment